Microsoft Word XP (lebih tepatnya Microsoft Office XP Professional) dapat dijalankan dengan Windows 98, Windows Me, Windows 2000, Windows XP maupun dengan Windows Vista. Jadi Microsoft Office XP tidak hanya dapat digunakan dengan sistem operasi Microsoft Windows XP saja, tetapi juga dengan sistem operasi lain.
Microsoft Word XP (baca: Microsoft Word Ekspi) adalah sebuah software untuk pengolah kata (word processor), lebih tepatnya sebuah software untuk membuat surat, buku, brosur dan lain-lain. Dan dapat menangani gambar untuk keperluan naskah Anda. Agar Anda dapat menggunakan Microsoft Word XP, maka software yang perlu Anda beli adalah Microsoft Office XP Professional. Microsoft Office XP Professional adalah sebuah software terpadu yang terdiri dari: Microsoft Word XP, Microsoft Excel XP, Microsoft FrontPage XP, Microsoft Access XP, Microsoft Outlook XP dan Microsoft PowerPoint XP. Dengan meng-install Microsoft Office XP Professional, maka Anda akan mendapatkan semua program di atas.
Microsoft Word
Memulai Microsoft Word
Start --» Program --» (Microsoft Office) --» Microsoft Word
Screen Layout atau tampilan, adalah sebuah tampilan yang ditunjukkan
komputer pada saat Anda mengoperasikan program ini.
Tampilannya seperti gambar dibawah ini :
Pada bagian Baris Judul, kita dapat melihat nama file yang sedang kita buka.
Menu
Di dalam menu, terdapat beberapa perintah yang dapat kita pilih dengan
menyorot perintah tersebut pada baris menu.
Toolbar
Toolbar menyediakan beberapa tombol sederhana yang dipakai untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis pada menu. Cara memakainya dengan memencet/klik pada tombol-tombol tersebut
Toolbar Standar
Toolbar Format
Membuat Dokumen Baru
Apabila kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan document kosong yang siap untuk ditulisi. Namun jika komputer tidak secara otomatis langsung menyediakan document kosong tersebut, maka kita bisa menggunakan cara berikut :
1. Pada menu kita pilih File, lalu pilih New, lalu pilih lalu pilih Blank Document
2. Double Click pada Blank Document
3. Documen siap digunakan
Atau kita bisa klik tombol Blank Dokumen yang ada pada standard toolbar
Kita juga bisa menggunakan tombol Ctrl + N
Membuka file yang sudah tersimpan
1. Klik menu File dan pilih tombol Open, maka akan tampil kotak dialog open
2. Pilih file yang akan dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu
3. klik pada nama file
4. klik tombol Open, maka file akan dibuka oleh microsoft word
Atau kita juga bisa menggunakan icon pada toolbar. Klik pada icon Open
Dan kita juga bisa menggunakan Ctrl + O
Menyimpan Dokumen
Segera setelah melakukan pengetikan dokumen dilakukan penyimpanan, hal ini dilakukan untuk menghindari kehilangan dokumen. Lakukan penyimpanan sesering mungkin untuk kehilangan file akibat komputer mati mendadak.
1. Pada jendela microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Save
2. Pada layar akan muncul kotak dialog Save File. Ketikkan nama file lalu klik Save
Kita juga bisa menggunakan tombol save yang ada dalam toolbar
Atau juga dengan menekan tombol Ctrl + S
Menutup File Dokumen
1. | Pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Close. Maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang aktif. |
2. | Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu![]() |
Mengakhiri/Menutup jendela Microsoft Word
Sebelum mengakhiri Microsoft Word pastikan bahwa file Anda telah tersimpan dengan benar.
1. | Pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Exit. Maka jendela Microsoft Word akan tertutup. |
2. | Selain dengan menggunakan menu File, untuk menutup jendela Microsoft Word kita juga bisa mengklik tombol X yang terletak pada pokok kanan atas jendela Microsoft Word.![]() |
0 komentar:
Posting Komentar